Perkembangan Agha (My Baby Boy)

12 Oct 2014

Agha, yups baby agha yang lahir tanggal 26 april 2014, hari, minggu dan bulan menunjukan perkembangan yang membuat hari-hari kami sbagai ortunya menjadi berwarna.

Terlahir dengan berat 2,995 kg dan panjang 48,5, baby agha mulai belajar mimik pada tanggal 27 april 2014, karena dari malam pas lahir baby agha diobservasi dulu dibagian perinatal dan baru bersama ibu jam 7 pagi. Saat akan pulang dari rumkit berat baby Agha turun/susut menjadi 2,7 kg namun menurut suster masih wajar karena tidak lebih dari 20 persen. Tapi ternyata kadar bilirubin di darah Agha cukup tinggi, dari tingga kriteria, 2 diatas batas dan 1 normal. 2 yang diatas batas masih menunjukkan angka 12 ( sedikit diatas normal). Mengingat rumah dah rumkit jaraknya jauh serta agak kesulitan untuk memberikan asip, akhirnya kami sebagai ortu mohon izin untuk membawa Agha pulang dengan perjanjian akan tetap diberi asi dan dijemur.
Pada hari ke 7 merupakan jadwal kontrol agha pertama, dan menurut pemeriksaan dokter agha agak kuning dan disuruh cek darah, dan ternyata bilirubin agha naik menjadi 13,5. Menurut dokter dengan kadar segitu agha harus dirawat. Namun, hari itu bertepatan dengan usia Agha seminggu dan kami sudah berencana tuk mengadakan acara aqeqah dan lagi2 kami mohon tuk dapat merawat agha dirumah dan teta berjanji selalu menyusui agha dan menjemur agha dengan harapan kadar bilirubinnya akan normal. Setelah menandatangani surat yg menyatakab keinginan sendiri tuk membawa agha pulang, dokter berpesan tuk kembali lagi cek darah 3 hari berikutnya dan jika memang bilirubin msh tinggi kami pun akan siap jika harus dirawat.
Saat usia Agha seminggu, Agha dah puput pusernya, saat saya membuka pospaknya ternyata kain kasa sudah nempel di pospaknya.
Pada hari ke 9, agha cek darah lagi dan Alhamdulillah kadar bilirubin agha sdh normal dan tidak jadi dirawat.

Umur 4 bulanan, kepala agha dah mulai bisa tegak, so saatnya bisa berenang di kolam spa. Agha senang sekali kalo diajak berenang alias berendam.

Umur 6 bln agha sudah mulai belajar duduk, kadang masih miring2, tapi lucu, dan mpasi time, mulai puree buah dan sayur.

Umur 7 bulan, gigi agha nongol 1, asyik

8 bulan, gigi kedua tumbuh, mulai banyak suku kata dan teriak2

10 bulan gigi agha sudah 10, dan agha sudah bisa mendorong baby walker dengan baik

13 bulan, bisa protes dan teriak kalau dilarang

13,5 bulan agha bisa jalan, membuka jendela dan mendorongnya, naik tangga


TAGS perkembangan puput bilirubin


-

Author

Follow Me