Senam Hamil di RS Eka Hospital BSD

17 May 2014

Meski periksa kehamilan di RSAB Harapan Kita, saya memutuskan tuk senam hamil di RS eka Hospital, dengan pertimbangan jarak yang lebih dekat dari rumah. Ga’ kebayang juga kalo harus ke Harkit tiap minggu tuk senam, slain jarak yang memang jauh, ditambah macetnya yang luar biasa, trus belum tau juga misua bisa nganter he.he.

Setelah kontrol kehamilan pertama di TM 3, tepatnya minggu ke 28, saya berencana tuk mulai mengikuti senam hamil. Sebelumnya saya juga telah bertanya ke dokter kapan waktu yang tepat tuk memulai senam hamil dan menurut dokter pada minggu ke 28 saya sudah bisa mengikuti kelas senam, namun untuk olah raga ringan Dokter menyarankan rutin dilakukan.

Berbekal no telepon rumkit dari brosur, saya menelpon dengan maksud mendaftar tuk ikut senam. Operator mengarahkan agar saya mendaftar di customer care, dengan menekan ekstensi 11000 saya mendaftarkan diri tuk ikut senam hamil besok/selasa. Mba’ di customer care meminta agar besok datang sebelum jam 10 dan mendaftar terlebih dahulu di bagian pasien baru.

Setelah nelpon mulai browsing-browsing gambar bumil yang sedang senam tuk melihat referensi apa-apa yang harus disiapkan.

Hari selasa Jam 09.30 saya sudah sampai di lobby rumkit, langsung ke bagian pendaftaran pasien, lapor kalo akan ikut senam, dan bilang kalo bukan pasien rumkit tersebut. Setelah di data ternyata nama saya sudah terdaftar sbagai pasien, dan disana tertulis pernah membeli obat, ternyata.,… Saya baru ingat saat akan menjalani LO misua pernah bermaksud membeli resep obat di eka, tapi ternyata tidak ada. Karena sudah terdaftar akhirnya di meja pendaftaran cuma ngambil kartu. Langsung menuju kasir rawat jalan, tuk membayar biaya senam, Rp. 30.000,-.

Setelah dapat print2an dari kasir, langsung menuju lift tuk ke lantai 5, disambut satpam ‘cantik’ yang ngasih tau ruangan tuk senam, tak lupa mba’nya bilang kalo sudah ada bumil lainnya juga.

Masuk ke ruangan senam, kesan minimalis sesuai interior rumkit sangat terasa, matras2 cukup banyak masih menumpuk di sudut ruangan, dinding dilengkapi cermin besar yang memberi kesan lapang, tampak juga bola2 alat bantu senam dan benar sudah ada bumil lain di dalam ruangan.

d57cceb6d57f6ca9654af6247d0d2f3d_image

Masuk suster yang menyapa dengan ramah, dan mulai mendata peserta senam. Masing2 peserta dikasih buku senam yang nantinya dibawa setiap mengikuti senam. Saat itu ada 3 orang bumil yang akan mengikuti senam, dan saya yang paling muda usia kehamilannya. Sebelum senam smua bumil ditimbang, diukur tensi dan dihitung detak jantung bayinya, alhamdulillah semua normal dan siap tuk mengikuti senam.

setelah masing2 bumil mendapat matras dan bantal, senam dimulai. Dan ternyata hasil browsing saya malam sebelumnya agak meleset, sempat bawa sepatu olah raga ternyata tuk senam bumil ga pake sepatu2an he,he. Dengan diiringi dvd instrumental dimulai dengan gerakan kaki tuk mencegah bengkak dan mengurangi pegel, lanjut gerakan sekitar pinggang, latih pernafasan, latihan area bokong, dst-nya. Waktu tuk senam lebih kurang 1 jam, dimana tuk sesi trakhir yaitu relaksasi total. Oiya karena usia kehamilan saya masih 28 minggu alias masih cukup jauh dari HPL, maka waktu senam dengan gerakan ‘mengejan’ saya belum dibolehkan tuk ikut.

Setelah selesai, selanjutnya detak jantung bayi kembali dihitung. Tuk sesi kedua yaitu sesi edukasi, saat itu kami nonton bareng video tentang menyusui dini dan sekaligus disuguhkan snack yang terdiri dari 2 buah kue dan 1 gelas air mineral.

655423d4a32de31310c3ddd146944174_image

Jam 11.30 selesai sudah, sbelum ditutup suster memberi kesempatan tuk menanyakan apa saja yang berhubungan dengan kehamilan dan melahirkan. Banyak pertanyaan yang muncul seperti bagaimana ciri2 jika sudah mendekati waktu melahirkan, bagaimana cara mengurangi kaki bengkak dll.

Minggu depannya saya kembali mengikuti senam hamil, namun sepertinya suster kurang persiapan, alhasil kami senam tanpa diiringi musik dan nobar video edukasi juga ga ada karena dvd player-nya bermasalah. Sesi edukasi hanya diisi dengan tanya jawab seputaran kehamilan. Dan tuk senam yang kedua, bumik yang ikut cuma 2 orang. Ternyata kalo hari kerja peserta senam memang cenderung sedikit, beda hal dengan hari sabtu. Jadwal senam hamil di RS eka hospital yaitu hari senin - sabtu jam 10.00 dan khusus hari sabtu ada 2 sesi, tambahan sore.


TAGS Senam eka hospital Hamil


-

Author

Follow Me